Untuk memberikan perlindungan terhadap kondisi finansial keluarga, banyak orang yang kini memilih untuk menggunakan produk asuransi tertentu dengan berbagai keuntungan yang didapatkannya. Sebagai contoh, ketika membeli produk asuransi jiwa, maka setiap pemegang polis juga harus mengetahui berapa premi asuransi jiwa yang harus dibayarkan. Pertanyaannya, tahukah Anda mengenai apa itu premi dalam asuransi dan apa saja faktor yang mempengaruhi besarannya? Agar Anda lebih paham dan mengerti, simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan premi asuransi?

Pada saat akan membeli produk asuransi tertentu, setiap pemegang polis atau nasabah pastinya akan dikenakan premi asuransi dengan besaran yang berbeda-beda. Premi asuransi sendiri merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh nasabah tertanggung kepada pihak perusahaan asuransi sebagai bentuk imbalan jasa atas pengalihan risiko maupun kerugian yang sewaktu-waktu akan dialami oleh pihak tertanggung. Untuk jumlah premi yang akan dibayarkan pihak tertanggung ke pihak penanggung biasanya akan disesuaikan dengan pertimbangan kondisi serta beberapa hal penting lainnya yang terdapat pada pihak tertanggung.

Adanya premi asuransi yang harus dibayarkan oleh setiap nasabah ini sendiri juga ternyata memiliki tujuan tersendiri di antaranya:

  • Melakukan pemerataan biaya, di mana setiap nasabah nantinya hanya perlu mengeluarkan biaya yang jumlahnya tidak terlampau besar.
  • Memberikan jaminan proteksi atau perlindungan dari berbagai risiko kerugian yang dialami oleh pihak tertanggung.
  • Pemerataan biaya, di mana pihak nasabah tidak perlu lagi membayar tanggungan kerugian yang timbul yang jumlahnya cukup besar.

Faktor yang mempengaruhi besaran premi asuransi

Tidak banyak orang yang tahu bahwa kisaran mengenai berapa premi asuransi jiwa maupun jenis asuransi lainnya ternyata dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu. Dalam hal ini, besar kecilnya premi asuransi biasanya sangat dipengaruhi oleh beberapa hal:

  • Pilihan produk asuransi yang dipilih nasabah beserta dengan dana pertanggungannya.
  • Perkiraan terkait klaim asuransi yang akan diajukan ke pihak perusahaan asuransi.
  • Jumlah uang pertanggungan atau santunan asuransi yang nantinya akan diterima oleh pihak pemegang polis atau
  • Lokasi tempat tinggal atau tempat kerja pihak pemegang polis atau pihak tertanggung.
  • Bagaimana keadaan atau kondisi awal dari pihak tertanggung atau objek tertanggungnya.
  • Berapa banyak jumlah pesaing yang dihadapi oleh pihak perusahaan asuransi tersebut.

Dari penjelasan di atas, Anda tentu sudah paham mengenai pengertian maupun faktor yang mempengaruhi kisaran berapa premi asuransi jiwa maupun produk asuransi lain yang ditawarkan perusahaan asuransi, bukan? Jika Anda saat ini sedang butuh produk asuransi dengan premi terjangkau dengan manfaat proteksi yang maksimal, bisa membeli asuransi di FWD Insurance dengan pilihan produk seperti FWD Legacy Protection dan Bebas Rencana Optimal. Dan pembelian salah satu dari ke-2 asuransi tadi selama 10 Juni-31 Desember 2022, Anda bisa mendapatkan nomor undian untuk mengikuti #FWDUnstoppable30 Lucky Draw. #FWDUnstoppable30 Lucky Draw sendiri merupakan penawaran spesial yang dipersembahkan oleh FWD Insurance untuk memperingati Ulang Tahun FWD Insurance yang ke 30 tahun. PT FWD Insurance Indonesia sendiri merupakan perusahaan asuransi berizin dan diawasi oleh OJK.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.