Apakah Anda cukup familiar dengan rumah berkonsep Mezzanine? Konsep rumah ini sendiri lebih banyak diaplikasikan untuk hunian di area perkotaan. Ciri khasnya sendiri adalah sebuah rumah dengan lantai tanpa sekat yang menjadi perantara antara lantai utama bangunan.

Meski karakter rumahnya sendiri sangat unik, ini juga menggunakan bahan material yang berteknologi tinggi salah satunya dengan memanfaatkan bata ringan. Dengan konsep ini, Anda bisa diuntungkan karena tetap bisa menambahkan ruangan tanpa harus membuat lantai tambahan di rumah. Lalu bagaimana cara pengaplikasiannya?

Mengaplikasikan Konsep Hunian Mezzanine

Berikut ini cara mengaplikasikan konsep Mezzanine untuk hunian.

1.     Luas Lantai

Yang pertama Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana luas lantai untuk konsep Mezzanine.  Pastikan pada bagian lantai luasnya hanya 1/3 dari total luas ruangan yang akan dibangun. Alasannya adalah agar ruangan yang nantinya tercipta lebih lega dan tidak terlihat sumpek.

Karena jika luas ruangan terasa sempit atau lebih luas maka sirkulasi udara akan cukup terganggu. Di mana jika terlalu sempit akan terasa sumpek dan jika terlalu luas, akan terasa lebih cepat panas terutama pada siang hari.

2.     Pencahayaan dan Udara

Selanjutnya untuk penerapan konsep Mezzanine maka anda perlu memperhatikan pencahayaan dan udara pada hunian. Anda harus menambahkan jendela sesuai kebutuhan pada salah satu sisi lantai mezzanine agar sirkulasi udara tetap mudah masuk.

Pemanfaatan jendela juga dapat mempengaruhi cahaya yang lebih bebas masuk ke dalam rumah. Namun jika tidak memungkinkan, maka Anda bisa menambahkan penggunaan lampu dengan cahaya yang disesuaikan.

3.     Posisi Lantai

Kemudian Anda ingin menambah ruangan maka perhatikan bagaimana posisi lantai. Ruangan mezzanine idealnya adalah dibuat dengan memposisikan lantai mezzanine pada tengah-tengah dua lantai rumah. Yaitu antara lantai dasar dan juga langit-langit rumah.

Untuk tinggi bangunannya sendiri harus sesuai dengan ruangan normal agar ketika Anda berada pada ruangan tersebut tidak terganggu.

4.     Desain Tangga

Selain memperhatikan bagian posisi lantai, Anda juga harus benar-benar mengetahui bagaimana posisi tangga yang tepat. Rumah Mezzanine tentu saja harus menggunakan tangga jika ingin konsepnya lebih terwujud. Tangga digunakan untuk mengakses lantai mezzanine.

Dalam pemilihan tangga sesuaikan desainnya dengan ukuran ruangan dan juga konsep rumah Anda. Jangan sampai pengaruh tangga, membuat rumah terlihat sempit. Ada baiknya Anda memilih konsep tangga minimalis yang terlihat lebih efisien.

5.     Penambahan Elemen Kayu

Untuk kesan natural dan estetik, Anda bisa menambahkan konsep kayu pada beberapa bangunan mezzanine. Seperti misalnya penggunaan elemen kayu pada bagian lantai dan tangga. Pemakaian kayu dibuat untuk mengesankan rumah yang hangat dan nyaman.

Biasanya konsep ini juga banyak diaplikasikan untuk rumah-rumah bergaya milenial yang mengedepankan estetika tinggi pada setiap ruangan.

6.     Penggunaan Furniture

Memiliki hunian dengan lantai Mezzanine, maka Anda juga harus selektif dalam pemilihan furniture dan perabotan yang digunakan. Furniture adalah ornamen untuk menambah rumah dengan kesan yang cantik tapi tetap fungsional.

Untuk lantai Mezzanine, maka pastikan memilih perabotan yang ukurannya tidak terlalu tinggi agar ruangan lebih lega. Dan juga wajib menggunakan perabotan minimalis yang lebih hemat tempat dan juga fungsional.

Itu tadi beberapa cara praktis untuk menerapkan rumah dengan konsep mezzanine. Untuk penggunaan bahan bangunan pada rumah ini, maka Anda wajib memilih yang tepat salah satunya dari merek SCG. Apalagi jika Anda memanfaatkan bata ringan untuk pembangunan rumah maka pilih dari SCG Smartblock.

SCG Smartblock merupakan dinding yang bisa dimanfaatkan untuk interior dan eksterior bangunan dengan kualitas yang sangat kuat untuk menahan beban. Bangunan Anda tidak hanya terasa kokoh, tapi juga aman dan tetap sejuk. Informasi lebih lengkap mengenai bahan bangunan bisa kunjungi https://scgcbm.id.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *